Saturday, August 05, 2006

UNDANG-UNDANG 45 HASIL AMANDEMEN TIDAK SAH

  1. Kata Indonesia merupakan suatu kata yang menunjukkan suatu kesatuan geopolitik, geografis srta geobudaya. Indonesia pertama kali dikenal dalam istilah pembagian dan asal-usul ras yang di dunia. Dalam pembagian ras Indonesia merupakan suatu ras yang berada di kepulauan yang terletak di Asia bagian tengggara yang membentang dan meliputi gugusan pulau-pulau dari pulau Crithmast (Tempat Pengungsian di Australia) yang berada di lintang selatan sampai dengan pulau Formosa (China Taiwan) di lintang utara dan gugusan pulau-pulau yang ada di sebelah timur pulau Mandagaskar dan sebelah barat pulau Ambon. Pengelompokan gugusan pulau tersebut didasarkan pada penghuni pulau tersebut, yang mendiami pulau tersebut mempunyai kesamaan ciri-ciri yakni berkulit sawo matang yang berambut lurus dan berasal dari keturunan ras kulit kuning.

  1. Akan tetapi seiring dengan perkembangan politik wilayah tersebut, dimana daerah tersebut merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam, sehingga mendorong bangsa-bangsa lain untuk menguasai daerah tersebut. Dengan pembagian wilayah jajahan yang dilakukan oleh bangsa Eropah membuat kesatuan ras Indonesia terkotak-kotaknya menjadi beberapa wilayah jajahan sehingga kesamaan ras bukan lagi sebagai faktor pengikat terbentuknya wilayah.

  1. Seiring dengan perkembangan paham Nasionalisme di Eropah membuat kaum muda mempunyai semangat untuk mengusir penjajah. Keinginnan terpatri dalam dada anak muda untuk bersatu yaitu satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa satu yaitu bangsa Indonesia dan yang ketiga berbahasa satu yaitu bahasa Indoensia

  1. Sejak adanya sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928 maka kata indonesia mengalami perubahan geografi dan geopolitik yang mengikuti faktor kesamaan nasib dan penderitaan, melainkan kesamaan nasib dan penderitaan: sama-sama mengalami penderitaan akibat penjajahan yang dilakukan Bangsa Belanda.

  1. Dan sekarang wilayah Indonesia menurut kesepakatan konverensi meja bundar di negeri Belanda, wilayah Indonesia membentang dari kota Sabang di Pulau Weh sampai kota Merauke di pulau Papua. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki wilayah yang cukup luas dengan sumberdaya alam yang melimpah ruah.

  1. Pengesahan UUD 45 tonggak sejak perjalan bangsa.

Tonggak Perjalanan

  1. Berlakunya UUD RIS
  2. Gagalnya pembentukan konstituante
  3. Dekrit Peresiden tahun 5 Juli 1950
  4. Pemilah Umum pertama di Indonesia
  5. Kondis pemerintahan rezim Soeharto
  6. Runtuhnya rezim Soeharto maka dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh gerakan mahasiswa. Peluang untuk kembali menjadikan gerakan mahasiswa sebagai pelopor gerakan perubahan sosial sangat dimungkinkan, caranya adalah sebagai berikut; Pertama, Gerakan mahasiswa harus kembali mendekatkan diri kepada rakyat yang dibela, dengan kapasitas intelektual, gerakan mahasiswa harus bergabung dengan kekuatan masyarakat sipil, agar wacana perubahan yang dimiliki bisa sejalan dengan perubahan masyarakat. Kedua, Gerakan mahasiswa harus mampu mengarahkan masyarakat kearah perubahan sosial yang benar. Ketiga, Gerakan mahasiswa harus menghilangkan sekat-sekat perbedaan ideologi dan secara terus menerus melakukan konsolidasi sipil –demokratik.

  1. reformasi merupakan konsep perubahan masyarakat Pada sisi kedua Revolusi Sistemik berupaya untuk tetap mengarahkan transisi demokrasi pada arahnya yang benar, sebuah tatanan sosial, kultural dan politik yang berbasis pada nilai-nilai kebaikan, keadilan dan kesejahteraan. Dalam konteks ini Revolusi Sistemik mengehendaki instrumen politik kenegaraan yang telah mengalami kontaminasi oleh kepentingan neoliberal harus disingkirkan. Strategi yang ditempuh adalah mendorong dilakukannya Cut Generation dan Pembentukan Dewan Presidium Nasional.
  2. Amandemen UUD 45
  3. Kelemahan amandemen UUD 45
  4. Tidak sahnya UUD 45 hasil perubahan ke empat
  5. Peresiden SBY-JK tidak sah sebagai presiden dan wakil prsiden
  6. Perlunya pembentukan Dewan Presidium segera untuk memperbaiki kondisi bangsa.

By : Buddy

No comments: